CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 18 September 2012

Dalam Dekapan Ukhuwah itu ada....




Ukhuwah (persaudaraan) memang bukan hal baru dalam ajaran islam. Namun, ukhuwah menjadi sesuatu yang sangat asing pada zaman ini . Ketika jumlah umat muslim semakin banyak dan mayoritas, hal itu tak mampu membentuk sebuah kekuatan besar untuk kejayaan islam yang pernah ada pada zaman Rasulullah dan para sahabat, Karna saat ini, satu sama lainnya tak saling menguatkan. Terkadang, kita masih bisa melihat antar sesama muslim saling hujat, saling menjatuhkan, bahkan untuk saling percaya sudah menjadi hal yang sangat langka.
Berbeda sekali dengan kehidupan Rasulullah beserta para sahabat sahabat beliau. Dalam berbagai sirah nabawiyah, kita akan selalu mendapati kisah kisahnya yang luar biasa dan mengagumkan.  Pun dalam hal ini, ukhuwah yang mereka jalin diikat oleh sesuatu yang lebih tinggi daripada ikatan darah, keluarga maupun ikatan harta dan jabatan, yaitu mereka bersaudara karna ikatan iman-aqidah. Ikatan itulah yang membuat mereka ikhlas untuk bersatu dan mendekap satu sama lainnya. Bahkan ukhuwah yang mereka miliki telah mencapai tingkatan yang paling tinggi yakni Itsar (saling mendahulukan). Ini adalah tingkatan paling tinggi dalam berukhuwah setelah Ta’aruf, Tafahum, dan Ta’awun. Selain itu, Rasulullah pernah berkata, ukhuwah itu ibarat satu kesatuan tubuh, jika ada satu bagian tubuh yang sakit, maka bagian yang lainnya akan merasakannya juga.
Buku “Dalam Dekapan Ukhuwah” karya Salim A. Fillah ini, secara ringkas akan memberikan pemahaman dan pencerahan kepada para pembacanya tentang bagaimana persaudaraan yang sebenarnya yaitu persaudaraan karna iman. Melalui untaian kata kata, perumpaan dan kisah kisah yang disajikan serta  dalil dan hikmahnya bisa membuat para pembacanya meneteskan air mata dan bergelora penuh semangat untuk segera mengaplikasikan apa yang telah dicontohkan oleh orang orang yang bersaudara karna iman dan penuh cinta karna Allah swt. Dan terkadang kita akan mengulang ulang saat membaca buku ini, bukan bahasanya yang sulit dipahami, melainkan karna kisahnya yang sangat indah dan mengagumkan.
Ada banyak hal yang akan kita dapat setelah membaca buku ini, satu diantaranya adalah tentang kebijakan, pemahaman serta pengertian dalam berukhuwah. Sungguh tidak bijak, jika kita  selalu menuntut saudara kita  untuk menjadi orang lain atau berperilaku seperti halnya Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali. Sebagaimana Rasulullah saw tak meminta dan menuntut Sa’ad bin Abi Waqqash melakukan  apa yang dilakukan Abu Bakar. Jadikanlah  diri kita sebagai orang yang paling berhak meneladani mereka. Tuntutlah diri kita untuk berperilaku sebagaimana para sahabat dan setelah itu tak perlu sakit hati jika saudara kita tak mengikuti, berdoa saja untuk kebaikan saudara kita.(dee)


Judul                     : Dalam Dekapan Ukhuwah
Pengarang             : Salim A. Fillah
Penerbit                : Pro U media
Tebal                    : 471 halaman


-Selamat membaca dan meraih ukhuwah islamiyah-

Tidak ada komentar: