CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 17 Januari 2012

Awali dengan basmalah**

Mengawali segala aktivitas dengan mengucapkan Bismillaahirrahmaanirrahiim berarti telah mengawali segala aktivitasnya dengan sesuatu yang baik, sehingga ada nilai plusnya di hadapan Allah SWT. Jadi, ada nilai ibadahnya, kalau orientasinya benar-benar kepada Allah SWT.

Dan perlu kita ketahui bahwa Rasulullah SAW sendiri menganjurkan untuk memulai seluruh aktivitas yang baik dengan ucapan Bismillaahirrahmaanirrahiim, sebagai mana sabdanya, "Setiap urusan (perbuatan) yang tidak diawali dengan Bismillaahirrahmaanirrahiim, maka cacat (terputus dari rahmat Allah)." (HR. Ahmad dan Ashhab Sunan).


Membaca Bismillaahirrahmaanirrahiim dengan benar, dengan penuh keikhlasan (kekhusyuan) karena Allah ketika akan melakukan suatu aktivitas, maka setan tidak akan mendekati kita. Dalam sebuah hadits dikatakan, "Jika seseorang hendak memasuki rumahnya dan membaca nama Allah ketika ia memasukinya dan ketika ia makan, maka setan berkata kepada sesama setan lainnya, 'Tidak ada tempat tinggal bagi kalian dan tidak ada makan.' Jika ia masuk dan tidak menyebut nama Allah, setan berkata kepada kawan-kawannya, 'Kalian menemukan tempat tinggal dan makan.'."

Kita perlu menyiasati jebakan setan dengan mekanisme yang efektif, sehingga setan yang menjalari kita menjadi kurus, pucat, dan lunglai. "Bahwa orang-orang mukmin itu bisa menguruskan setannya, sebagaimana salah seorang di antara kamu membuat kurus untanya dalam bepergian." (Al-Hadits).

Dan, sudahkah kita mengawali segala aktivitas kita dengan membaca Bismillaahirrahmaanirrahiim? Kalau belum, awali dari sekarang. Sebab, segala aktivitas kita akan penuh dengan keberkahan kalau diawali dengan mengucapkan Bismillaahirrahmaanirrahiim dengan ikhlas (khusyu) karena Allah SWT. "Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam." (QS. Al-Anam (6) : 162).
{Penulis : Abu Luthfi Ar-Rasyid}

"bismillahirrahmanirrahim", insyaAllah saya akan memulai mengaktifkan blog ini
semoga bermanfaat untuk diri sendiri maupun lainnya.

Tidak ada komentar: